"SIMASKOT" Sistem Pertanian Berbasis Masyarakat Perkotaan

Minggu, 19 November 2017

PUPUK KCL ORGANIK


Pupuk Kcl Organik Saat ini harga pupuk KCL sangatlah mahal, hampir 500 ribu rupiah per satu zak. Petani jangan pesimis, artinya alam sudah menyediakan sumber pupuk KCL organik, hanya saja petani saat ini belum mau belajar atau belum tau caranya.

Cara membuat KCL organik dalam bentuk POC, fungsinya buat tanaman relatif sama seperti fungsi pupuk kimia KCL, hanya saja karena dari organik kandungan KCL nya tidak sebagus seperti pupuk Kimia KCL, tapi dengan aplikasi berulang-ulang tentu bisa didapatkan hasil beras yang bernas dan berkwalitas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat KCL organik, adalah :
  1. Sabut kelapa 25 Kg atau lebih
  2. Air 40 liter
  3. Drum 1 buah


Cara pembuatannya :
  1. Pertama-tama bersihkan sabut kelapa dari kulit luarnya (Kelapa yang sdh tua). Kemudian serat sabut kelapa yang telah dibersihkan dimasukkan ke dalam drum bekas.
  2. Isi drum dengan air sampai terisi penuh
  3. Tutuplah drum rapat-rapat.
  4. Biarkan drum dalam keadaan tertutup selama 2 minggu.
  5. Bila air berubah menjadi hitam kandungan KCl dalam sabut kelapa sudah larut. Air tersebut bisa langsung digunakan sebagai pupuk tanaman.
  6. Ambilah air dalam drum gunakan siramkan atau dispray pada tanaman.
  7. Penyiraman atau penyemprotan kepada tanaman bisa dilakukan berkali-kali tergantung kebutuhan.
  8. Setelah air diambil semuanya sabut kelapa tersebut masih bisa diberi air dan dengan perlakuan sama dan digunakan sebagai pupuk lagi. Bila warna air sudah jernih sabut kelapa harus diganti dengan yang baru. Aplikasi pupuk organik Kcl : ~ saat disemai ~ saat pindah ke lahan sawah ~ hentikan saat malai sudah keluar Kandungan hara mengandung unusr hara K dan Ca 

1 komentar:

Posting Komentar

e-skm
https://goo.gl/forms/efx5MTyVdEUHW4873
e-aduan e-bantu
https://goo.gl/forms/d2ryn2Ecr9e4AQJg1

SIMASKOT

BPP LA Dalam VIDEO

Info BPP LA 2018